Peralatan
kantor merupakan barang-barang yang dapat digunakan dalam
jangka waktu yang relatif lama dan mengalami penyusutan. Peralatan sangat
identik dengan benda-benda yang besar dan berat, memerlukan perawatan yang
khusus, serta berharga mahal. Meskipun tidak semua peralatan kantor berharga
mahal, namun secara umum harga-harga peralatan kantor memang mahal.Dalam kegiatan perkantoran terdapat berbagai peralatan yang sering dipergunakan dikantor.
Berikut beberapa gambar beserta penjelasan alat perkantoran:
1. Meja
Meja adalah salah satu furnitur berupa permukaan datar yang disokong oleh beberapa kaki. Meja umumnya dipasangkan dengan kursi. Meja yang umum tidak memiliki laci, tapi jika berlaci dia bisa berbentuk meja rias, lemari meja dengan banyak laci, dan lain sebagainya. Meja yang khusus dipakai untuk bekerja disebut meja tulis atau bangku.
Yang
dimaksud meja disini adalah meja yang digunakan oleh pemimpin dan para karyawan
untuk melakukan operasional perkantoran. Meja sangat diperlukan oleh para
karyawan yang secara umum beraktivitas di dalam ruangan, seperti sekretaris,
bendahara, bagian personalia, dan pemimpin perusahaan.
Kantor
yang baik, selain mempunyai meja untuk kegiatan operasional alangkah baiknya jika
menyediakan meja untuk tamu. Meja dan kursi tamu akan memberikan kenyamanan
kepada para tamu yang datang ke kantor dan memberikan kesan yang baik kepada
mereka.
2. Kursi
Kursi adalah sebuah perabotan rumah
yang biasa digunakan sebagai tempat duduk. Pada umumnya, kursi memiliki 4 kaki yang digunakan untuk menopang berat tubuh di atasnya. Beberapa jenis
kursi, seperti barstool, hanya memiliki 1 kaki yang terletak di bagian
tengah. Kadang-kadang kursi juga dilengkapi dengan sandaran kaki. Kursi lipat merupakan salah satu contoh jenis
kursi yang sudah cukup terkenal. Dinamakan kursi lipat karena kursi ini bisa
dilipat saat tidak digunakan sehingga lebih praktis ketika disimpan.
Berdasarkan strukturnya, kursi lipat bisa dibedakan menjadi 2 macam yakni kursi
lipat meja dan kursi lipat tanpa meja. Masing-masing jenis kursi lipat ini
mempunyai manfaat dan penggunaan yang berbeda-beda.
3.
Komputer
Seiring
dengan kemajuan zaman, di mana berbagai peralatan teknologi canggih ditemukan.
Sesuai dengan tujuannya, berbagai peralatan canggih diciptakan dengan tujuan
untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu peralatan canggih tersebut
adalah komputer.
Komputer
merupakan peralatan elektronik yang tidak hanya mempunyai kemampuan untuk
mengolah kata seperti pengetikan, mengolah data seperti perhitungan, membuat
tabel dan grafik, membuat gambar, design, dan lain-lain. Komputer juga
mempunyai fungsi pengarsipan untuk mengamankan berbagai dokumen-dokumen
penting. Sehingga dengan adanya komputer, dapat dilakukan penghematan dan
pengefisienan berbagai aktivitas perkantoran.
4. Lemari Arsip
Setiap
perkantoran tentunya mempunyai arsip walaupun dalam kapasitas yang tidak
terlalu banyak. Setidaknya surat-surat masuk dan keluar. Tentunya kita tidak
dapat membayangkan apabila surat-surat tersebut hanya disimpan di dalam map di
atas meja atau di dalam laci. Kertas merupakan benda yang tidak tahan lama
mudah rusak dan lapuk. Jadi alangkah sangat baik jika setiap perkantoran
mempunyai lemari arsip untuk menyimpan
arsip-arsip penting yang sangat berharga bagi suatu perusahaan.
Biasanya lemari ini dibuat dari bahan baja atau jenis metal
yang lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari bahaya kebakaran. Fungsi:
digunakan untuk menyimpan arsip-arsip atau warkat
5. Printer
Bagi
sebuah perkantoran, mempunyai komputer saja tidaklah cukup apabila tidak
disertai dengan printer. printer merupakan alat yang
diperlukan untuk mencetak berbagai dokumen atau beberapa hasil pekerjaan kita
yang dibuat dengan menggunakan komputer. Sebuah perkantoran yang hanya tidak
mempunyai printer akan mendapat kesulitan ketika harus mencetak beberapa
dokumen penting dengan cepat dan mendesak. Oleh karena itu kebutuhan terhadap printer
merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk dimiliki.
6. Mesin Tik
Keperluan
terhadap mesin tik berhubungan erat dengan kegiatan administrasi atau
surat-menyurat. Kantor-kantor yang sudah modern umumnya sudah tidak lagi
menggunakan mesin tik karena fungsinya sudah digantikan oleh komputer. Meskipun
demikian, bagi kantor-kantor yang ruang lingkup kerjanya belum begitu besar
serta terdapat di daerah umumnya kebutuhan terhadap mesin tik masih sangat
diperlukan.
7. Scanner
Scanner ini merupakan sebuah perangkat masukkan (input
device) komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen
dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen digital komputer atau file
komputer. Manfaat umum dari scanner ini adalah untuk membuat arsip dari sebuah
dokumen surat dan photo.
8. Fotocopy
9. Cardex (Card Index) Cabinet
Cardex (card index) cabinet adalah alat yang digunakan untuk menyimpan kartu indexks dengan menggunakan laci-laci yang dapat ditarik keluar memanjang. Di dalam cardex terdapat semacam kantung plastik tempat menyimpan kartu indeks. Alat ini terbuat dari bahan besi baja.
10. Tickler File
Tickler file adalah alat semacam kotak yang terbuat dari kayu atau besi baja untuk menyimpan arsip membentuk kartu atau lembaran yang berukuran kecil, seperti lembar pinjam arsip, atau kartu-kartu lain yang memiliki jatuh tempo. Namun demikian, ticler file bisa saja diguanakan untuk menyimpan kartu nama atau kartu perpustakaan. Di bagian dalam tickler file dilengkapi juga dengan guide atau pembatas. Tickler file berfungsi sebagai alat pengingat bagi petugas arsip.
0 komentar:
Posting Komentar